Penemuan Dalam Pelarian

Addi Setyawan
3 min readJul 23, 2022

--

Lazimnya seorang manusia ada perasaan bahagia ketika kita mampu membahagiakan atau berbagi kebahagiaan dengan sesama manusia. Begitulah ketika mereka meminta hasil foto saya untuk kebutuhan portofolio mereka. Arsip dokumentasi pertunjukan bagi seorang musisi sangatlah penting.

photo : addisetyawan

“Saya sangat mengapresiasi musisi atau seniman jalanan di Meksiko, mereka melakukan pertunjukan selalu total. Membawa ampli dan instrumentnya serius selaykanya pertunjukan besar penuh ekspresi. Ketika saya melihat mereka di pinggir jalan spontan saya memberikan kode ‘bolehkah saya mengabadikanmu? (dibaca: memfoto)’, mereka membalas ‘dengan senang hati’. ⁠

Dari kejadian tersebut terkadang kami saling bertukar kontak guna membagikan foto-foto saya kepada mereka. Tak sedikit dari mereka juga masih komunikasi baik sampai saat ini, sebatas menanyakan kabar dan memberitahu jadwal manggungnya. Tidak semua musisi jalanan disini membuat pertunjukan di jalanan, terkadang mereka juga tampil di beberapa skena musik di Mexico City. ⁠

Di sepanjang jalan kita akan menemukan berbagai kejadian tak terduga, namun dari sudut manakah kita mampu menangkap atau menyikapi kejutan-kejutan tersebut dari yang mereka tawarkan? Bagi saya hal ini sangat menyenangkan, dimana tidak ada batasan dan keterikatan selayaknya bekerja di waktu sembilan pagi kembali ke lima sore. Ditambah lagi dengan deadline mingguan yang terkadang kelewat ugal-ugalan. Pelarian ini lah wujud dari merawat kewarasan dengan media fotografi. Mungkin ini wujud dari cara bersyukur guna menghargai pemberian Sang pemilik kehidupan.”⁠

photo : addisetyawan
photo : addisetyawan
photo : addisetyawan
photo : addisetyawan
photo : addisetyawan
photo : addisetyawan

--

--